28 Juli 2016

Sandisk Ultra Flair USB 3.0 16GB review

Karena flashdisk lama saya sudah cukup berumur ditambah kapasitasnya kecil, maka saya memutuskan untuk membeli flashdisk baru.  Dan setelah saya berselancar mencari info, saya tertarik dengan produknya sandisk ultra flair yang mempunyai kapasitas 16gb. Berikut ini ulasan saya.

First Impression : Setelah barang saya terima, ternyata ukurannya lebih kecil daripada yang saya kira, serta build quality lumayan kokoh (stainless steel) dan mempunyai model yang elegan. Karena ukurannya tergolong mini, maka sebaiknya anda berhati-hati bila meletakkan flashdisk ini, khususnya bagi orang yang pelupa seperti saya.
Untuk packing, standar lah kalau dibandingkan sama produk sebelah.

Fitur : Salah satu keunggulan dari flashdisk ini adalah sudah mendukung koneksi USB3.0, yang dimana mempunyai kecepatan up-to 5gbps (spesifikasi maksimum) yang mana menjadikan transfer file lebih cepat dan menghemat waktu. Di dalam flahsdisk ini juga disertakan fitur Enkripsi berbasis Software (AES 128bit) yang berguna untuk mengamankan data-data penting yang ada di dalam flashdisk.

Spesifikasi :

Storage : 16GB
Input Device Type : USB 3.0
Read Speed : Up-to 130MB/s
Software Support : Sandisk SecureAcces (AES128bit)


Performa : Pada kemasan flashdisk ini tertulis Read speed up-to 130mb/s, Angka yang sangat fantastis bukan? Apakah hal tersebut hanya gimmick belaka? Berikut data dari hasil pengujian saya.

usb 2.0

usb 3.0











Kekurangan : Kombinasi dari stainless dan ukuran mini tentu mempunyai efek samping, yaitu suhu operasional yang tinggi. Selain itu, flashdisk ini mudah menyetrum bila ditancapkan pada komputer (stainless). Serta, performa tidak sesuai apa yang di-iklan-kan (untuk ukuran 16gb).

Kesimpulan : Bila anda mencari flashdisk berukuran mini dengan harga murah tetapi sudah mendukung USB3,0, anda dapat mempertimbangkan flashdisk ini dalam pilihan anda dengan catatan kekurangan yang diatas bukan menjadi masalah. Selain harga tergolong murah, performanya tidak terlalu mengecewakan bila dibandingkan dengan yang lainnya. Apalagi ada fitur enskripsi (meskipun berbasis software) yang menjadikan nilai tambah untuk flashdisk ini.

Harga : Rp. 80.000 - 110.000 (Berdasar crosscheck toko fisik dan online)

0 komentar:

Posting Komentar

Please Rate my article