5 Juli 2020

Rekomendasi USB Wireless adapter untuk Openwrt / Linux secara umum

Mencari usb wifi dongle yang kompatibel (trouble-free) untuk digunakan pada openwrt tidaklah mudah. Kadangkala, beberapa pabrikan dengan model yang sama bisa berbeda dalamannya. Hal tersebut disebabkan karena ketersediaan chip pada saat produksi bervariasi. Contohnya, TP-LINK TL-WN722N V1 menggunakan chipset Atheros sedangkan yang V3 menggunakan Realtek. Untuk Mengetahui chipset apa yang ada didalam perangkat tersebut tanpa membelinya, kita dapat melihat rujukan pada halaman wikidevi, yang mana telah bangkit dari kubur (a.k.a pindah tangan). Cukup ketikkan modelnya, maka akan muncul halaman detail perangkat beserta revisi dari model tersebut yang telah beradar di pasaran.
Untuk penggunakan Openwrt (Client mode), berikut beberapa chipset secara umum yang saya sarankan :
  1. Atheros
    Pilihan nomor satu apabila masih bisa ditemukan di pasaran. Umumnya menggunakan driver ath9k-htc dengan chipset AR9271, stabil di semua linux. Support AP max 7 Client.
  2. Ralink
    Ralink lumayan stabil dikarenakan driver sudah mature khususnya pada linux. Umumnya menggunakan driver rtl2800usb. Ketersediaan di pasaran lumayan banyak.
    Untuk rekomendasi perangkat murah meriah ada Tenda W311Ma (Fixed Antenna) atau D-LINK DWA-137 (300mbps).
  3. Mediatek
    Secara personal, saya sudah mencoba MT7601U pada openwrt snapshot r13864 dan lumayan stabil tetapi masih dibawah Ralink (meski ralink telah diakuisisi oleh realtek). Sedangkan perangkat yang menggunakan driver mt76, status drivernya masih WIP (Work In Progress) tetapi sudah bisa dipakai hanya saja kurang stabil. Untuk rekomendasi perangkat murah meriah ada Totolink N150UA.
  4. Realtek (Seri tertentu)
    Kalau terpaksa, usahakan mencari yang Wireless AC seperti RTL8812 Series. Secara personal, saya memiliki perangkat dengan chipset RTL8192EU (Tenda U1), tidak dapat digunakan pada openwrt menggunakan driver rtl8xxx.
Sekian dan Terima Komentar.

1 komentar:

  1. Rekomendasi Usb Wireless Adapter Untuk Openwrt / Linux Secara Umum ~ Salams' Blog >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Rekomendasi Usb Wireless Adapter Untuk Openwrt / Linux Secara Umum ~ Salams' Blog >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Rekomendasi Usb Wireless Adapter Untuk Openwrt / Linux Secara Umum ~ Salams' Blog >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK wm

    BalasHapus

Please Rate my article